Home / Nasional / Pemerintahan / Menghindari radikalisme, tokoh politik ini menyarankan ormas bertransformasi jadi parpol

Menghindari radikalisme, tokoh politik ini menyarankan ormas bertransformasi jadi parpol

Budiman Sudjatmiko, seorang politisi dari PDIP mengemukakan bahwa keberadaan ormas berbasis agama dan memiliki kepentingna politik adalah sah dalam sistim demokrasi, akan tetapi kelompok tersebut cenderung radikal dan kadang menggunakan cara ekstremis untuk memperkenalkan ideologinya.

Ia menuturkan, pemerintah sekarang harusnya mempersilahkan ormas yang ingin masuk ke perpolitikan Indonesia demi mengurangi maraknya akasi anarkis yang dilakukan oleh ormas keagamaan. Menurutnya, jika ormas yang cenderung radikal mendirikan partai politik, bukan hal yang buruk.

Lanjutnya, perubahan ormas untuk menjadi partai politik mungkin dapat mengubah cara dan sikap mereka dalam mengungkapkan ideologinya. Dimana dalam demokrasi, dialog adalah cara yang digunakan orang ada kelompok untuk mengakomodir adanya beda pendapat.

“Di luar sistem demokrasi bisa berarti kekerasan, maka ketika masuk diharapkan bisa berubah karena ada proses moderasi di situ. Perubahan sikap, berdialog dalam menghadapi perbedaan di dalam parlemen misalnya,” ujar Budiman.

Ia pun mewanti-wanti, meskipun sah eksistensinya, semua kelompok yang berbasis apapun tidak boleh mendominasi secara paksa kelompok lain.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*