Home / Nasional / Pemerintahan / Menghilangkan Ujian Nasional, Masih Menunggu Keputusan Presiden

Menghilangkan Ujian Nasional, Masih Menunggu Keputusan Presiden

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki wacana untuk tahun 2017 Ujian Nasional akan dihapuskan. Namun wacana ini harus meminta restu dulu dari Presiden melalui Rapat Terbatas. Jadi , penghapusan UN masih belum ditetapkan secara Resmi sebab masih menunggu rapat terbatas terkait masalah ini. Sebagai ganti ujian nasional yang dihilangkan, Kemendikbud akan mempersiapkan pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional sebagai pengganti UN. Persiapan yang dilakukan Kemendikbud sudah mencapai 70%.

Sebelumnya, Kemendikbud berencanan akan menghilangkan Ujian nasional pada tahun 2017 dan akan di ganti dengan ujian sekolah standar nasional. menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, alasan dihilangkannya UN terkait dengan soal pilihan ganda dalam UN yang tidak bisa digunakan untuk mengembangkan sikap kritis dan kreatif para siswa. Sehingga ia berencanan akan memberikan soal ujian disertai dengan Essay.

Sementara itu untuk menanggapi dihilangkannya Ujian nasional, soal dalam ujian sekolah standar nasional akan disusun oleh guru didaerah melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Yang meliputi SMP dan SMA sederajat  dan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk SD.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*