Home / Ekonomi / Komoditi / Melihat Kelemahan Investasi Emas

Melihat Kelemahan Investasi Emas

Investasi emas memang masih menjadi primadona dikalangan investor karena memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan. bahkan kini sudah banyak masyarakat yang terjun kedalam investasi emas ini karena tergiur dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Selain Menguntungkan ternyata investasi emas juga memiliki kelemahan. Karena dalam dunia investasi tidak selamanya kita akan akan untung tapi harus melihat resiko kerugian yang akan dihadapi. Kelemahan pertama adalah dari sisi leverage, tidak banyak yang bisa kita lakukan dengan investasi emas kita untuk menambah profit yang bisa kita peroleh.

Terlebih jika kita berinvestasi emas dengan cara mencicilnya melalui bank syariah, maka kita tidak punya ‘kendali’ terhadap emas kita karena masih dititip di bank tersebut. Berbeda dengan investasi properti misalnya, meskipun rumah/ruko tersebut kita peroleh dengan cara KPR, namun secara seketika kita bisa menyewakan properti tersebut untuk membantu membayar cicilan KPR kita ke bank. Selain nilai propertinya yang terus naik tiap tahun, kita juga mendapat profit tambahan dari hasil sewa.

Kelemahan berikutnya adalah minimnya impak pada ekonomi mikro secara riil. Secara sederhana, makin besar kita berinvestasi emas tidak secara otomatis membuat perputaran ekonomi makin membesar pula. Berbeda misalnya dengan investasi melalui reksadana/saham yang mana dana investasi berperan langsung pada perputaran ekonomi dan menambah kinerja perusahaan-perusahaan yang sahamnya kita beli. Berbeda pula jika kita mempunyai cukup banyak emas, kemudian emas tersebut kita gadaikan dan dana hasil gadai kita perputarkan dalam perniagaan yang riil, membuat ekonomi berputar

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*