Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini pemerintah semakin gencar untuk menyuarakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Hal tersebut agar masyarakat sadar akan pentingnya hidup sehat. Menjalankan pola hidup sehat tentu memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kita tidak mudah terserang penyakit.

GERMAS meliputi kegiatan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, memeriksakan kesehatan secara rutin dan menjaga lingkungan tetap bersih. Namun untuk kesehatan diri sendiri ada baiknya kita bisa menerapkan GERMAS aktivitas fisik. Aktivitas fisik seperti olahraga 30 menit secara rutin.

Manfaat aktivitas fisik untuk kesehatan

Meningkatkan kesehatan jantung

Melakukan aktivitas fisik mampu meningkatkan kinerja jantung dan memperkuat otot jantung. Oleh sebab itu aktivitas fisik baik untuk kesehatan jantung selain itu kita juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung

Mengurangi Kolestrol

Latihan fisik atau olahraga secara rutin mampu mengurangi jumlah kolestrol dan lemak berbahaya dalam tubuh. Dengan rajin berolahraga tentu lemak dalam tubuh bisa dikurangi. Selain itu, olahraga juga mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Memperkuat paru-paru

Aktivitas fisik bisa meningkatkan kapasitas dan efisiensi paru sehingga oksigen yang masuk kedalam tubuh lebih banyak dan karbon dioksida akan dikeluarkan oleh tubuh.

Menurunkan kadar gula darah

Aktivitas fisik bisa mencegah akumulasi gula lebih dalam sirkulasi darah. Ketika melakukan aktivitas fisik, otot akan mengambil pasokan gula dari sirkulasi dan mengubahnya dalam bentuk energi.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*