Home / Uncategorized / Kereta Bandara Soeta, 57 Menit Manggarai-Bandara

Kereta Bandara Soeta, 57 Menit Manggarai-Bandara

Kini para pengguna maskapai penerbangan akan lebih mudah untuk pergi ke bandara Soekarno-Hata. PT Kereta Api Indonesia tengah membangung kereta dengan jalur khusus dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Sebelumnya transportasi umum untuk mengakses bandara hanya bisa menggunakan Taksi Bandara ataupun Bus Damri.

PT KAI menjelaskan bahwa kereta bandara Soekarno-Hatta akan di uji coba pertama kali pengoperasiannya pada bulan November 2017. Saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 78%, sedangkan keretanya sudah siap digunakan. Untuk awal pengoperasiannya ditargetkan siap digunakan pada awal 2018.

Jika dibandingkan dengan transportasi darat, tentu kereta Bandara mempunyai kelebihan yaitu terhindar dari macet. Agus Komarudin selaku VP Corporate Communication KAI menjelaskan bahwa rute kereta bandara Soekarno-Hatta akan bertolak dari stasiun Manggarai. Dari stasiun Manggarai akan melewati beberapa stasiun lain seperti stasiun Sudirman Baru, stasiun Duri, stasiun Batuceper, dan tujuan akhir Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan rute tersebut, Agus menjelaskan bahwa waktu yang diperlukan dari stasiun keberangkatan Manggarai hingga stasiun Bandara Soekarno-Hatta tidak sampai 1 jam.

“Waktu tempuh kereta bandara dari manggarai- Bandara Soekarno-Hatta kurang lebih 57 menit,” terang Agus kepada Kompas.com, pada Senin (28/8/2017).

Agus juga menjelaskan nantinya kereta khusus Bandara Soekarno-Hatta akan dioperasikan oleh PT Rail Link. Dalam seharinya nantinya akan terdapat 124 perjalanan dengan pelaksanaan secara bertahap.

Dari total perjalanan tersebut, jarak antar kereta adalah sekitar 15 menit. “Apabila dioperasikan sesuai ketersedian slot, maka jarak antar-rangkaian (headway) selama 15 menit,” tuturnya.

Total panjang rel untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah 36,4 kilomater dengan progress saat ini sudah 78% sehingga 28 kilomater sudah siap digunakan. Sedangkan rangkaian kereta yang nantinya akan dioperasikan oleh PT Rail Link adalah 10 rangkaian kereta. Setiap rangkaian mempunyai kapasitas sebannyak 272 penumpang. Kereta tersebut dipesan oleh PT KAI dari PT INKA khusus untuk kereta Bandara.

Dengan adanya kereta tersebut memudahkan para penumpang maskapai penerbangan untuk dapat mencapai bandara lebih cepat dan tepat waktu, mengingat transportasi dengan bus dan taxi terkendala kemacetan.

 

About Intan Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*