Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Ini Cara Cegah Kelahiran Prematur

Ini Cara Cegah Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu risiko terbesarnya adalah memiliki riwayat melahirkan prematur. Namun, kini telah hadir teknologi medis yang bisa membantu bayi prematur tetap selamat.

Dilansir dari Romper, faktor lainnya adalah status sosial ekonomi dan leher rahim yang pendek. Biasanya untuk kasus leher rahim, tenaga medis akan melakukan serviks cervlage atau mingikat mulut rahim.

Ahli obstetrik dan ginekologi dari Orange Coast Memorial Center di Fountain Valley, California, Amerika Serikat, Dr Thomas Ruiz menambahkan, cara lain, dokter akan menganjurkan pasien untuk minum obat yang bertujuan memperkuat kehamilan sehingga terhindar dari kelahiran prematur.

Sementara untuk wanita yang memiliki riwayat kelahiran prematur, dokter akan memberikan suntikan mingguan berupa obat 17-hydroxyprogesterone. Suntikan ini akan diberikan pada 16 sampai 36 minggu usia kandungan.

“Tapi pemberian suntikan ini tidak terbukti efektif mencegah kelahiran prematur. Cara yang lebih efektif, dokter harus menemukan, apakah ibu hamil tersebut mengalami gejala penyakit lainnya, yang dapat menyebabkan bayinya lahir prematur,” papar Ruiz.

Sumber : Sindonews

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*