Home / Gaya Hidup / Teknologi / Hemat Kuota Internet Smartphone Dengan Cara ini

Hemat Kuota Internet Smartphone Dengan Cara ini

Meledaknya penggunaan internet di jaman sekarang ini memaksa kita para pengguna jasa internet untuk menggunakan smartphone yang menbutuhkan kuota internet yang sering kali tidak cukup untuk digunakan dalam waktu satu bulan.

Untuk itu dibutuhkan trik untuk menghemat kuota tersebut. inilah beberapa trik yang bisa anda pergunakan untuk menghemat kuota internet anda.
Matikan Fitur Automatic Download

Adakalanya aplikasi yang terdapat didalam smartphone anda menggunakan kuota internet anda secara diam-dian seperti auto download, mungkin untuk anda ini hal yang remeh atau bahkan tidak penting karena umumnya file yang di dowload hanyalah file dengan ukuran kapasitas yang terbilang sangat kecil, tp coba anda hitung berapa banyak kuota yang terpakai jika auto download ini berlangsung terus menerus aktif selama satu bulan.

Ukuran file yang di download sudah bukan lagi ukuran yang kecil. untuk itu perlu di perhatikan setiap aplikasi yang anda pasang untuk mematikan fitur auto downloadnya. anda bisa menemukan dan mematikan fitur tersebut di dalam pengaturan aplikasinya.
Mematikan Auto Update Apps di Google Play

Google Play merupakan rumah dari seluruh aplikasi android, hampir seluruh aplikasi aktif yang aman akan berada dalam naungan google play, aplikasi ini akan selalu memeriksa dan memberitahu anda jika ada aplikasi yang butuh untuk di perbarui. jika smartphone anda dalam settingan standart biasanya auto update google play dalam kondisi aktif, jika sudah begini setiap aplikasi yang membutuhkan pembaruan akan otomatis diperbarui tanpa sepengetahuan kamu.

Kuota yang digunakan dalam memperbarui aplikasi ini terbilang cukup besar mengingat setiap aplikasi memiliki besar file lebih dari 1 Mb bahkan sampai ratusan Mb jika itu adalah sebuah game HD.
Untuk itu diperlukan pengaturan untuk mematikan auto apdate milik google play ini.

Cara mematikan fitur auto-update apps ini cukup mudah, kamu tinggal buka google play dan ikuti langkah di bawah ini

Settings > Auto-Update Apps > Do not auto-update apps

Setelah melakukan pengaturan diatas, kini google hanya akan memberikan informasi aplikasi terbaru yang membutuhkan update, dan ada bisa melakukan pembaruan melalui google play dengan memilih sendiri aplikasi apa saja yang akan anda perbarui.

– Matikan Koneksi Data

Dengan aktifnya paket data, hal ini akan memungkinkan beberapa aplikasi yang menggunakan data melalui background(on proses) seperti BBM(Blackberry Messenger), SosMed, E-mail yang akan selalu mensingkronisasi data dan mengirimkan info terbaru kepada pemberitahuan pada smartphone anda.

Jika anda sedang tidak aktif menggunakan smartphone ada baikanya jika mematikan koneksi paket data, selain untuk menghemat penggunaan kuota, cara ini bisa menghemat batre smartphone anda, langkah ini sangat berguna jika anda dalam perjalanan atau sedang dalam pekerjaan yang tidak menggunakan smartphone.

– Manfaatkan Wi-fi

Pengguanaan Wi-fi sangat amat berguna dalam menghemat kuota, seperti jika anda ingin menperbarui suatu aplikasi dengan ukuran yang besar anda bisa menggunakan wifi untuk mengupdatenya, karena jika smartphone anda terhubung dengan wifi otomatis paket data kuota anda akan mati dan bisa disimpan.

Selalu periksa secara berkala sisa kuota internet anda, jika anda dalam kondisi mendesak yang memerlukan koneksi internet anda tidak kebingungan jika anda tau seberapa banyak kuota yang anda miliki.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*