Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha toko buku

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha toko buku

Tidak bisa dipungkiri lagi seiring perkembangan teknologi, banyak toko toko buku kecil yang mulai tergerus. Bisnis ini secara perlahan mulai surut akibat persaingan yang semakin ketat terutama di era digital saat ini. Banyak masyarakat yang sudah memanfaatkan internet dan aplikasi lain untuk membaca buku. Sehingga toko toko buku mulai di lupakan.

Hal ini membuat para pemilik toko buku perlu memutar otak menciptakan inovasi baru agar bisa bertahan ditengah gemburan media digital yang terus membanjiri saat ini. Membuka kedai kopi dan toko buku bisa menjadi langkah yang ampuh untuk menarik minat para pembaca dan ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis buku. Namun bukan itu saja, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis toko buku.

Pembiayaan

Banyak para pengusaha toko buku seperti Bagnulo dan Rebecca Fitting yang mengalami pahitnya usaha. Saat membuka usaha toko buku, kedua toko tersebut kesulitan untuk meminjam uang di bank, sehingga memutuskan untuk meminjam modal ke teman. Pembiayaan dilakukan untuk bisa mendapatkan sewa tempat yang baik, selain itu yang terpenting dalam usaha toko buku adalah bisa menjaga hubungan baik dengan penerbit agar bisa saling menguntungkan.

Tempat

Tempat sangat penting dalam setiap usaha. Apalagi usaha toko buku, sebelum membangun bisnis usaha toko buku, kita perlu mencari tempat yang memang sangat strategis. Apakah tempat tersebut bisa mendukung untuk dijadikan toko buku atau tidak. Kita bisa melihat dari komunitas komunitas yang ada didaerah tersebut.

Desain

Bagi pengusaha toko buku sering beranggapan bahwa dengan memiliki tempat dan barang sudah cukup. Namun ternyata desain tempat juga mempengaruhi. Kita bisa meminta bantuan arsitek untuk membuatkan desain interior toko. Sehingga toko akan terlihat lebih menarik.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*