Home / Nasional / Umum / Hal Yang Harus Dilakukan Di Job Fair

Hal Yang Harus Dilakukan Di Job Fair

Sulitnya mencari pekerjaan mengakibatkan banyaknya pengangaguran, padahal lowongan peekerjaan yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal jika kita tahu informasi tentang lowongan tersebut. atau mungkin jauhnya jarak tempat lowongan kerja itu berada menjadi salah satu alasan mengapa sulit mendapatkan pekerjaan. tapi semua masalah ini bisa diatasi dengan adanya Job Fair, acara yang dikhususkan untuk menyiapkan lowongan dari berbagai macam perusahaan yang di tempatkan dalam satu wadah bernama Job Fair. Berikut Hal yang harus dilakukan dalam mengikuti Job Fair :

1. Segera Cari Informasi Tentang Job Fair

Acara Job Fair ini sering diadakan biasanya setelah pelaksanaan musim wisuda, yang bertujuan menyerap para sarjana baru ke dalam dunia profesional. Begitu anda mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan Job fair segera cari informasi sedetail dan sebanyak mungkin, perusahaan apa yang bergabung disana, lowongan apa saja yang tersedia untuk dilamar, hal ini berguna untuk kamu agar bisa mempersiapkan segala sesuatu seperti pemilihan perusahaan yang akan dilamar dan penentuan posisi lowongan pekerjaan yang ada. Dan pastikan juga apakah job fair yang akan kamu datangi berbayar atau gratis, jika berbayar apakah harus mendaftar via online atau harus memiliki tiket untuk bisa masuk ke sana.
2. Lakukan Riset Tentang Lowongan Yang Ada

Gali informasi tentang perusahaan yang menawarkan lowongan disana, cari tahu persayaratan dan kualifikasi pekerjaan yang akan anda lamar, pastikan kamu mendapatkan informasi tentang bagaimana proses prekrutannya perusahaan tersebut apakah dilakukan pengetesan di tempat atau hanya sekeder menerima berkas lamaran, jika yang terjadi adalah test di tempat, kamu bisa mempersiapkan diri kamu dan perlengkapan untuk melakukan tes tersebut.
3. Pastikan Stok Berkas Lamaranmu Cukup Untuk Setiap Perusahaan

Dengan datang ke job fair ini kamu harus sudah memikirkan masak-masak apa yang akan kamu lakukan selama acara. Hasil riset yang sudah kamu dapat akan membantu kamu dalam penentuan perusahaan yang akan menjadi incaran kamu. Jangan lupa untuk membawa berkas lamaran cadangan untuk mengantisipasi ternyata ada lowongan yang cocok dengan kamu tapi kamu tidak tahu sebelumnya. untuk berjaga-jaga bawa pula file soft copy berkas lamaran kamu.
4. Tampil dengan pakaian simple tapi profesional

Di Job Fair ini kamu akan bertemu orang-orang penting dari setiap perusahaan, entah itu HRD, Staff atau bahkan bos perusahaan tersebut yang akan kami jumpai di acara job fair tersebut. Untuk itu persiapkan diri kamu dengan pakaian yang terlihat keren dan profesional dan tetep perhatikan kenyamanan pakaian anda karena anda akan melakukan keliling lokasi dan mendatangi satu per satu stand tiap perusahaan incaran kamu, hindari berpenampilan heboh dan ribet karena akan menggangu pergerakan kamu selama disana.
6. Datang 1 Jam Lebih Awal

Job Fair ini adalah acara dimana hampir semua pengangguran akan berkumpul, jadi akan ada antrian ketika kamu ingin menyerahkan berkas lamaran kepada perusahaan incaran kamu, untuk menghindari terjadinya antrian yang panjang yang membuang waktu, tidak ada salahnya jika kamu datang 1 jam lebih awal, semakin pagi kami datang semakin sedikit antrian yang akan kamu hadapi, datang lebih awal juga akan membantu kamu dari penolakan dari panitia karena penuhnya ruangan acara.
7. Jaga Stamina dan Jangan Bergadang

Job Fair akan seperti layaknya medan pertempuran dimana kamu harus berdesak-desakan dengan banyak orang dan yang pasti akan sangat membutuhkan stamina extra untuk menghadapi semua ini. dengan menjaga kondisi tubuh sebelum acara seperti istirahat lebih awal dan tidak bergadang akan membuat tubuh kamu menjadi segar dan fresh ketika berada di ruangan Job Fair. Acara job fair ini tidak sebentar mengingat akan ada presentasi dari tiap perusahaan dan beberapa talk show atau seminar yang akan menghabiskan waktu hingga seharian penuh.
8. Persiapkan Bekal Makana Dari Rumah

Panjangnya rangkaian acara yang akan kamu hadapi di job fair pasti akan membuat kamu haus dan lapar, untuk menghadapi hal ini kamu perlu memakan bekal yang kamu bawa dari rumah, meskipun beberapa job fair menyediakan coffe break untuk untuk pengunjungnya kamu tetap memerlukan cemilan untuk dimakan ketika rasa lapar mendadak menyerang.
9. Cari Informasi Tentang Nasib Lamaran

Setelah selesai mengikuti acara seharian di job fair kini kamu harus mencari informasi tentang kelanjutan dari lamaran tersebut, apakah ada tahapan seleksi lanjutan atau tidak, hal ini bisa kamu tanyakan kepada pihak panitia perusahaan di tahap akhir pertemuan.
Catat semua lamaran yang anda masukan, perusahaan apa saja dan posisi mana yang anda lamar. kesalahan kecil dengan mengabaikan hal ini akan mengakibatkan anda gagal dalam mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.
10. Jangan Lupa Berdoa

Ini salah satu kunci keberhasilan kamu dalam mendapatkan perkerjaan, dimulai dengan berdoa sebelum mengikuti acara job fair hingga berhasil menyebarkan dan mendapatkan pekerjaan, doamu jangan sampai putus karena setiap kegiatan yang diawali dengan berdoa akan menghasilkan hasil yang maksimal.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*