Home / Nasional / Diduga Ada Kartel Dibalik Melonjaknya Harga Cabai

Diduga Ada Kartel Dibalik Melonjaknya Harga Cabai

Harga Cabai dibeberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan yang sangat tinggi, bahkan harga cabai sampai menembus Rp 150 ribu perkg. Kenaikan ini berlangsung sangat lama dan cabai belum ada tanda tanda untuk kembali normal. Hal ini tentu sangat memberatkan masyarakat. Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram H Mutawalli, menduga bahwa, kenaikan harga cabai ini merupakan permainan kartel yang mengendalikan harga cabai, sehingga sampat saat ini harga cabai cenderung tidak stabil dan masih tinggi.

Ia juga menambahkan, kenaikan cabai saat ini bukan karena stok yang menipis atau permintaan yang tinggi. sebab ia menganggap bahwa stok cabai nasional masih ada dan mencukupi. Dan mungkin ini merupakan permain kartel. Dan bukan tidak mungkin, nanti akan ada impor cabai basah.”tegasnya”

Hal ini diungkapkan karena, semakin tingginya harga cabai dipasar termasuk pasar tradisional dan juga sudah beredarnya cabai impor. Berdasarkan data yang ia dapat, harga cabai di Pasar Mandalika saat ini masih menyentuh harga Rp 150 ribu perkg. sementara di Pagesangan, Pasar Cakranegara dan Kebon Roek Rp165 ribu per kilogram untuk jenis super.

Munculnya dugaan adanya permainan kartel, menurutnya karena, di Jakarta kasus tersebut sudah terbongkar dan di Kota Mataram saat ini belum ditemukan. Ia berharap instansi terkait seperti Dinas Perdagangan bisa melakukan Investigasi terkait adanya dugaan permainan kartel.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*