Home / Nasional / Kriminal / BNPT Jalin Kerjasama Dengan BPS

BNPT Jalin Kerjasama Dengan BPS

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan membangun kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menyediakan Serta memantapkan data dan informasi statistik dalam rangka penanggulangan terorisme.

Kerja sama antara Lembaga tersebut sudah ditandai dengan Tanda Tangan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius dan Kepala BPS Suhariyanto.

Langkah yang diambil BNPT dalam menggandeng BPS adalah upaya nyata yang dilkakukan BNPT dalam memperkokoh sinergi berdasarkan data statistik nasional sehingga nanti kebijakan dan startegi bisa dilakukan secara integratif dan juga berkelanjutan.

Sebab kini penyebaran teroris sudah perlu diwaspadai karena sudah semakin meresahkan dan perlu ada upaya serius secara berkelanjutan dalam menangani masalah teroris di Indonesia.

Diharapkan dengan kerja sama antara kedua lembaga negara tersebut bisa menjadi program penanggulangan terorisme di Indonesia lebih Efektid dan lebih Baik sehingga berbagai macam aksi teror bisa diantisipasi dengan baik.

Menurut Kepala BNPT, menegaskan, beberapa program penanggulangan teroris saat ini masih belum terfokus terutama yang menyinggung data dan statistik. Selain itu ia juga mengharapkan sinergi dengan BPS akan jadi solusi untuk menyusun langkah baru bersama 25 kementerian dan lembaga.

BNPT tidak mungkin bisa mengatasi teroris tanpa adanya keterlibatan pihak terkait sebab penanggulangan terorisme harus di berantas dari hulu hingga hilir.

Sebab ini Hard Approch masih belum maksimal dan belum bisa masuk ke hulu masalah sehingga nantinya BNPT akan lebih fokus untuk masuk ke hulu dan hilir sehingga bisa mereduksi akar masalah teroris yang sangat menjadi ancaman untuk masyarakat dan juga negara.

Data dan statistik sangat diperlukan untuk melihat indeks terorisme di Indonesia sehingga langkah yang diambil BNPT akan lebih Fokus dan Terintegrasi, Sistematis dan dipertanggung jawabkan.

Data dan infromasi harus bisa dikelola sehingga mampu menindaklanjuti aksi dilapangan dengan mudah, Ujar Kepala BNPT.

Disisi lain, ketua BPS awalnya sempat meragukan tawaran dari BNPT sebab bagaimana bisa data BPS bisa mengatasi dan memberikan kontribusi dalam penanggulangan terorisme di Indonesia. Ia mengharapkan Data BPS sekecil apapun itu bisa memberikan kontribusi untuk mengtasi teroris di Indonesia

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*