Home / Nasional / Umum / BMKG – Bandung dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Mei 2017

BMKG – Bandung dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Mei 2017

Selama sepekan ini, beberapa wilayah di Indonesia dilanda Cuaca ekstreme.  Tingka curah hujan yang tinggi diikuti dengan, angin dan petir sering melanda wilayah Indonesia. Hal ini berdampak terhadap meningkatnya risiko bencana.

Pada sebelumnya, akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Bandung, Jawa Barat mengakibtkan terjadinya hujan Es. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan bahwa cuaca ekstrem di Bandung Raya akan terjadi hingga ahir Mei 2017.

Menurut Prakirawan BMKG Bandung Yadi Hendarmin mengtakan bahwa, peluang terjadinya cuaca ekstrem di Bandung cukup besar mungkin akhir bulan Mei, sebab Bandung akan segera memasuki bulan kemarau itu awal- awal Juni. “ucapnya”

Ia juga menambahkan, cuaca ekstrem yang melanda Bandung akhir akhir ini disebabkan oleh faktor Shireline yang terjadi akibat adanya belokan angin yang memanjang di wilayah Barat Sumatera hingga Selatan Jawa. Sehingga akan menimbulkan awan hujan di wilayah yang di laluinya termasuk juga di Bandung.

Oleh sebab itu, BMKG meminta kepada masyarakat agar lebih waspada serta peduli terhadap lingkungan. Sebab cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga akhir bulan ini. Yang perlu diwaspadai bagi masyarakat yang berada di wilayah hilir harus lebih mewaspadai yang ada di hulunya. Di wilayah bukit waspada terjadinya longsoran tanah yang diakibatkan tanah sudah jenuh oleh air,

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*