Home / Ekonomi / Keuangan / BI: penetapan dari Fitch tingkatkan keyakinan investor

BI: penetapan dari Fitch tingkatkan keyakinan investor

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan afirmasi atau penegasan kembali dari Fitch Ratings untuk peringkat layak investasi Indonesia di level BBB- dengan prospek positif akan meningkatkan keyakinan investor dan pelaku ekonomi lainnya terhadap perekonomian Indonesia.

“Hal ini perlu jadi momentum untuk mempertahankan upaya menjaga pertumbuhan ekonomi yang seimbang di tengah ketidakpastian global yang terus berlanjut,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Agus berjanji bank sentral (BI) akan melanjutkan kontribusi dalam reformasi perekonomian nasional guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Pada Kamis ini, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menegaskan atau mengafirmasi atas peringkat utang Republik Indonesia pada level BBB-/ dengan prospek positif. Beberapa alasan keputusan itu adalah beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, dan eksposur pemerintah yang terbatas atas risiko sektor perbankan.

Fitch juga merekomendasikan dua hal yang perlu menjadi perhatian Indonesia yakni penguatan ketahanan ekonomi eksternal dan peningkatan tata kelola dan lingkungan usaha.

Fitch juga mengamini kebijakan moneter dan stabilitas nilai tukar BI, serta penurunan pertumbuhan utang luar negeri korporasi yang merupakan dampak penerapan ketentuan BI terkait utang luar negeri, telah memperkuat ketahanan sektor eksternal Indonesia.

Fitch juga memuji kredibilitas asumsi pertumbuhan ekonomi dalam revisi anggaran pemerintah tahun 2017. Selain itu reformasi struktural perekonomian di Indonesia juga dinilai mampu secara bertahap memperbaiki iklim usaha

 

Sumber : AntaraNews

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*