Home / Ekonomi / Keuangan / BI Optimistis Kredit Tumbuh Double Digit

BI Optimistis Kredit Tumbuh Double Digit

Bank Indonesia (BI) meyakini penyaluran kredit masih bisa tumbuh double digit di akhir tahun. Sementara penyaluran kredit pada bulan Mei 2017 menjadi Rp4.453 triliun atau 8,6% lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

“Tidak ada revisi, kita masih optimistis khususnya di semester II 2017, pertumbuhan kredit lebih baik. Kita masih perkirakan pertumbuhan kredit 10-12% (sepanjang 2017),” kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta.

Dia pun mengungkapkan, pertumbuhan kredit bulan Mei 2017 sebesar 8% memang ada sedikit penurunan jika dibandingkan bulan ketiga. Namun menurutnya, penurunan pertumbuhan kredit tersebut merupakan satu siklus yang biasa terjadi.

“Itu kita anggap sebagai satu siklus biasa, nanti dengan adanya pertumbuhan ekonomi lebih baik di 2017 semester dua. Kita harapkan pertumbuhan kredit juga lebih baik,” ujarnya.

Sementara pada kuartal II, BI memperkirakan ada sedikit penurunan pertumbuhan ekonomi lantaran pengeluaran pemerintah yang lebih pelan. Gaji ke 13 yang baru dikeluarkan di kuartal III/ bulan Juli dan kegiatan-kegiatan yang bergeser ke kuartal III.

Meski demikian, sambung dia, menurunnya perekonomian di kuartal II 2017 akan terkompensasi pada pertumbuhan ekonomi kuartal III dan kuartal IV yang diperkirakan akan tumbuh lebih baik. Dia juga meyakini, secara tahunan ekonomi Indonesia tetap berada di kisaran 5-5,4%.

 

Sumber : Sindonews

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*