Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Belanja aksesori mobil di Kota Tangerang

Belanja aksesori mobil di Kota Tangerang

Bisnis penjualan aksesori dan variasi mobil tidak ada matinya. Di tengah pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat, kebutuhan akan aksesori mobil terus meningkat. Tak heran, bila kini banyak bermunculan sentra penjualan aksesori mobil.

Di Tangerang, Banten, Anda bisa menemukan sentra aksesori mobil di Ruko Plaza Shinta Cimone. Kawasan ini biasa juga disebut Ruko Cimone Indah Plaza. Di kawasan ini terdapat sekitar 35 pedagang yang menjual aneka aksesori dan variasi mobil, seperti sarung jok, audio, bumper, kaca film, alarm, cat reparasi.

Selain itu, ada juga yang menyediakan jasa servis AC. Saat KONTAN mengunjungi kawasan ini, suasananya masih tampak sepi. Menurut pengakuan para pedagang, sentra ini baru ramai saat akhir pekan.

Saat itu, banyak konsumen memiliki waktu luang buat mempercantik penampilan kendaraannya. Pemasangan variasi mobil ini memang memakan waktu berjam-jam.

Para pedagang di tempat ini mengaku tidak tahu persis sejarah berdirinya sentra aksesori mobil ini. Namun, yang jelas, sentra ini sudah berdiri sejak tahun 2005.

Selanjutnya, sentra ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Jumlah pedagangnya juga terus bertambah, sehingga tempat ini semakin ramai dikunjungi para pengguna mobil. Seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin dikenal sebagai pusat variasi mobil terlengkap di Tangerang.
Sentra aksesori mobil ini buka sejak pukul 09.00 Wib hingga 18.00 Wib. Tempat ini cukup nyaman buat berburu aksesori mobil karena menyediakan lahan parkir yang sangat luas. “Lahan parkirnya bisa menampung 100 mobil,” kata Hendra, pemilik toko Venus.

Di tokonya, Hendra fokus menjual perlengkapan audio mobil. Antara lain paket radio CD, DVD, speaker dan TV mobil. Satu paket audio itu dibanderol mulai harga Rp 2 juta hingga Rp 15 juta. Tapi ada juga yang sampai ratusan juta. “Itu berikut dekorasi interior mobil full plus sarung jok,” jelasnya.

Hendra mengaku, bisa mengantongi omzet hingga Rp 75 juta perbulan bila sedang musim ramai. Tapi kalau sedang sepi hanya sekitar Rp 25 juta per bulan. Gunawan, pemilik toko Gunawan Motor, juga fokus menjual produk audio. Menurutnya, perlengkapan audio mobil paling banyak peminatnya.

Sama dengan Hendra, ia juga menjual perlengkapan audio dalam satu paket. “Saya jual mulai harga Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta,” katanya. Sayang, ia enggan menyebut omzet yang diperolehnya dari usaha ini.

Namun, tidak semua toko di sini menjual perlengkapan audio. Andry, pemilik toko Breva Motor, fokus pada reparasi eksterior mobil dengan melayani pembetulan mobil pasca tertabrak atau penyok. Ia juga melayani jasa pengecatan mobil.

Andry membanderol harga reparasi dan cat mulai Rp 4 juga hingga Rp 6 juta, tergantung dari warna dan jenis catnya. Menurut Andry, perolehan omzet bulanan sangat tidak menentu. Namun, bila dirata-ratakan sekitar Rp 50 juta per bulan. “Setiap hari, sih, ada saja konsumen yang datang,” katanya.

Hasil pencarian dari:

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*