Home / Ekonomi / Komoditi / Babel bangun gudang lada di setiap kabupaten

Babel bangun gudang lada di setiap kabupaten

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun gudang lada putih di setiap kabupaten/kota dalam upaya menjaga stabilitas harga komoditas ekspor itu.

“Mudah-mudahan tahun ini gudang penyimpanan lada ini terealisasi di masing-masing kabupaten/kota sehingga petani mudah menyimpan hasil panen ladanya,” kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (24/7).

Dia menegaskan, pembangunan gudang penyimpanan lada putih itu penting dalam menjaga stabilitas harga sehingga petani dapat menjual hasil panen pada saat harga di pasaran membaik.

“Selama ini petani kesulitan menyimpan hasil panen karena tidak memiliki tempat penyimpanan yang baik sehingga mereka terpaksa menjual kepada tengkulak atau menjual saat harga komoditas itu murah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Erzaldi, pihaknya juga akan merealisasikan bantuan bibit lada gratis kepada petani guna meningkatkan produksi lada putih dan kesejahteraan petani daerah itu.

“Pada tahun ini, kami akan bagikan bantuan bibit lada berkualitas dan kami berharap petani untuk memperhatikan kebersihan komoditas itu,” ujarnya.

Menurut dia, harga lada murah karena stok lada melimpah, sedangkan kebutuhan sedikit. Sebaliknya, jika kebutuhan masyarakat banyak dan stok kurang, harga lada akan naik.

“Kami akan buat gudang di setiap kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang untuk menampung lada dalam upaya menstabilkan harga lada,” katanya.

 

Sumber : Kontan

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*