Home / Gaya Hidup / Wisata / 6 Cara Efektif Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat

6 Cara Efektif Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat

Berlibur ke luar negeri memang jadi impian setiap orang. Sayangnya, takut untuk naik pesawat dalam waktu lama jadi alasan untuk mengurungkan niat traveling ini.

Ketakutan tersebut bukan penghalang kok. Anda bisa mengatasinya dengan 6 cara efektif berikut ini dilansir dari brightside.me

1. Abaikan Berita Buruk

Mendengar atau membaca berita buruk tentang penerbangan jadi faktor utama mengapa orang takut naik pesawat. Kalau Anda adalah orang yang mudah panik, sebaiknya abaikan kabar-kabar tak sedap seperti ini sebelum traveling menggunakan pesawat.

2. Atur Pernapasan

Saat berada di pesawat dan Anda merasa panik ketika penerbangan dimulai, cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengatur pernapasan. Ambil napas selama 4 detik, kemudian keluarkan selama 4 detik. Ulangi aktivitas ini hingga Anda merasa baikan.

3. Percaya Pada Kru Kabin Pesawat

Percayalah kalau pesawat ditangani oleh para ahli profesional yang kompeten dan sudah terlatih terhadap hal-hal yang tak terduga. Jadi, tak perlu merasa cemas atau khawatir berlebihan ketika akan naik pesawat.

4. Cari Pengalihan

Lakukan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dan rasa cemas Anda yang berlebih terhadap penerbangan. Bisa dengan membaca buku, bermain gim, mendengarkan musik, atau makan.

5. Pikirkan Hal-hal Menyenangkan

Jangan terlalu fokus pada hal-hal mengerikan yang akan terjadi saat penerbangan. Pikirkanlah hal-hal menyenangkan yang akan Anda nikmati saat tiba di tempat tujuan nanti. Dengan begitu Anda akan lebih merasa relaks saat naik pesawat.

6. Membiasakan Diri Naik Pesawat

Orang yang sudah sering bepergian dengan menggunakan pesawat mengatakan kalau perasaan takut akan hilang saat Anda terbiasa menggunakan alat transportasi ini.

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*