Home / Ekonomi / Komoditi / 2017, Ekspor Kerajinan Lokal Naik 3.8%

2017, Ekspor Kerajinan Lokal Naik 3.8%

Di Indonesia saat ini masih banyak sentra kerajinan lokal. Hampir disetiap daerah memiliki sentra kerajinan yang menjadi penopang ekonomi. Bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi langganan ekspor. Sektor kerajinan dalam negeri jika diseriuskan oleh pemerintah bisa menjadi penggerak ekonomi nasional mengingat angka ekspor untuk sektor ini terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan Ditahun 2017 lalu, nilai ekspor sektor kerajinan naik sekitar 3.8% menjadi $776 juta menjadi $747 juta. Tentu hal ini menjadi sebuah momentum untuk meningkatkan sektor kerajinan dalam negeri

Sektor kerajinan lokal terus memperlihatkan kinerja yang ciamik. Penyumbang ekspor paling besar berasal dari Komoditi batik yang menyumbang ekspor senikat $58 juta. Agar bisa meningkatkan nilai Ekspor, tentunya harus didukung dengan program pembinaan yang tepat, ditambah lagi dengan dunia yang sedang memasuki revolusi industri ke empat.

Diharapkan untuk kedepannya, industri 4.0 bisa meningkatkan produktifitas dan penyerapan tenaga kerja semakin di perluas. Pemerintah saat ini juga berencana untuk meningkatkan sektor usaha kecil menengah (UKM)

Hasil pencarian dari:

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*